Pengertian eksposisi dan Metode Think-Pair-Share


            Karangan eksposisi adalah sebuah tulisan yang terdiri dari paragraf-paragraf eksposisi yang bertujuan untuk memaparkan, memberi keterangan, atau memberikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada para pembacanya dengan gaya penulisan yang akurat dan padat.
            Langkah-langkah Menyusun Paragraf Proses Pola pengembangan karangan eksposisi bisa bermacam-macam, di antaranya pola pengembangan proses. Paragraf proses itu menyangkut jawaban atas pertanyaan bagaimana bekerjanya, bagaimana mengerjakan hal itu (membuat hal ini), bagaimana barang itu disusun, bagaimana hal itu terjadi. Berikut langkah penulisannya :
1) menentukan isu/masalah yg akan dibahas
2) membaca bacaan dari berbagai sumber yg berkaitan dengan isu yang dipilih
3) mendaftar topik2 yang berkaitan dg isu berdasarkan hasil membaca sebelumnya
4) menyusun kerangka karangan sesuai struktur teks eksposisi
5) mengembangkan kerangka karangan yang telah disusun menjadi teks eksposisi.
       Teknik think-pair-share (berpikir-berpasangan-berbagi) merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang berbasis kooperatif atau kerjasama. Teknik ini memberi siswa kesempatan untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain. Optimalisasi partisipasi dari siswa merupakan keunggulan dari teknik think-pairshare (berpikir-berpasangan-berbagi). Siswa selain mengeluarkan kemampuan individu juga mengembangkan kemampuannya bekerja sama dalam kelompoknya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
      Teknik think-pair-share (berpikir-berpasangan-berbagi) mampu meningkatkan keterampilan menulis eksposisi, sehingga karya-karya yang dihasilkan pun lebih berkualitas dan kreatif. Teknik think-pair-share (berpikir-berpasanganberbagi) berpengaruh terhadap kemampuan pengembangan kualitas penulisan eksposisi yang ditulis siswa.
           
1.      Tahap pertama: Think (Berpikir)
Guru mengajukan pertanyaan atau isu yang berhubungan dengan pelajaran atau isu yang berhubungan dengan pelajaran, kemudian siswa diminta untuk memikirkan pertanyaan atau isu tersebut secara mandiri untuk beberapa saat
2.      Tahap kedua: Pair (Berpasangan)
Guru meminta siswa berpasangan dengan siswa yang lain untuk mendiskusikan apa yang telah dipikirkanpada tahap pertama. Pada tahap ini diharapkan siswa dapat berbagi ide dengan teman pasangannya jika telah diberikan suatu pertanyaan. Biasanya guru memberikan waktu 4-5 menit untuk berpasangan
3.      Tahap ketiga: Share (Berbagi)
Guru meminta pada salah satu pasangan untuk berbagai dengan seluruh siswa dikelas tentang apa yang mereka diskusikan. Ini efektif jika dilakukan secara bergiliran sehingga semua pasangan mendapat kesempatan untuk melaporkan

Komentar